Mengatur Waktu Belajar dan Bermain

Adib Setiawan, M.Psi - 2018-09-13 21:02:48
Adib Setiawan, M.Psi
 

Untuk usia balita dan usia 5 sampai 10 tahun, bermain dan belajar penting bagi anak. Agar kedua hal ini seimbang, penting pula untuk mengatur waktunya.

Seperti dijelaskan Psikolog Adib Setyawan M. Psi, pada usia balita, bermain adalah cara anak belajar dan mengembangkan diri. Belajar merupakan cara anak mendapatkan pengetahuan, keterampilan, ca2ra berpikir dan perubahan sikap.

"Pada usia balita, anak belajar keterampilan berpikir dengan cara bermain Puzzle, lego dan melihat sekelilingnya. Belajar bahasa bisa dengan cara banyak mendengarkan dan berkomunikasi dengan orang lain. Jika anak sering bermain dengan teman-temannya, maka anak belajar bahasa dan berinteraksi dengan orang lain," urai psikolog di www.praktekpsikolog.com, Bintaro, Jakarta Selatan ini.

Saat balita, keterampilan motorik anak akan bagus dalam motorik kasar dengan sering bermain fisik, berjalan, berlari, olah raga, bermain sepeda dan aktivitas lainnya. Sedangkan motorik halus akan berkembang jika anak balita berlatih mewarnai, menggunting dan juga berlatih menu