Agar Anak Tak Mudah Stres

Adib Setiawan, M.Psi - 2019-08-15 22:44:58
Adib Setiawan, M.Psi
 

Benarkah anak-anak milenial sekarang ini lebih mudah stres?

Banyak hal yang membuat anak-anak milenial sekarang ini lebih rentan stres, bahkan depresi. “Yang pertama kurangnya perlekatan atau bonding dengan orangtua,” kata Adib Setiawan, S.Psi.,M.Psi., psikolog dari www.praktekpsikolog.com.

Yang kedua, kurangnya interaksi sosial face to face, misalnya dengan teman-teman di lingkungan rumah maupun sekolah. “Faktor media sosial juga berpengaruh. Anak-anak ini mudah sekali down yang kemudian membuat mereka stres. Misalnya ketika mendapat cercaan di media sosial,” lanjut Adib. Pemicu lain adalah adanya tindakan kekerasan dari orangtua, baik verbal maupun fisik, serta bullying.

Yang harus dilakukan orangtua adalah mendekatkan lagi hubungannya dengan anak. Orangtua harus mau menjadi pendengar yang baik supaya anak mau bercerita tentang aktivitasnya sehari-hari. Yang berikutnya, dorong anak agar mau keluar rumah dan bersosialisasi dengan teman-temannya.

Yang tak kalah penting adalah jangan terlalu dini memberikan gadget ke anak. Dampingi anak saat bermain gadget, terutama ketika mengakses media sosial. “Anak juga harus dilatih untuk berani menghadapi bullying. Jadi, tak hanya menghindar saat dibully, tetapi menghadapi bullying tersebut,” jelas Adib.

Orangtua sebaiknya juga tidak memaksakan keinginan, sehingga anak tak punya ruang untuk berbicara atau mengemukakan pendapat. “Semua hal harus dikomunikasikan. Anak juga harus dibekali keterampilan sosial, mampu memahami diri sendiri, mampu memahami teman-teman dan lingkungannya, serta mampu memotivasi diri sehingga mampu bangikit saat down.”

sumber : https://www.kanya.id/read/035376/agar-anak-tak-mudah-stres


 
Index Berita
 
 


© 2024 YPPI.All rights reserved. Design by ideweb,Developer